18 Mei 2020 18:04:22
Ditulis oleh Admin

Sosialisasi Program DAK Sanitasi 2020 Desa Binangun

http://binangun-singgahan.desa.id – Bulan puasa tak menjadi penghalang berkurangnya kegiatan formal dilingkungan pemerintahan termasuk Kantor Desa yang justru makin disibukkan dengan banyaknya agenda kegiatan, baik kegiatan yang berhubungan dengan pandemic Covid-19 yang sedang melanda maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan program desa yang sedang berjalan. Seperti pada Senin (18/05/2020) pukul 13:00 WIB, diadakan Sosialisasi DAK (Dana Alokasi Khusus) Sanitasi 2020 di Balai Desa Binangun oleh TFL (Tim fasilitasi Lapangan) Pemberdayaan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Tuban, Agus Hindra Purnomo, ST, dan Ujianto Dwi Saputro, A.md. Hal ini dikarenakan Desa Binangun menjadi salah satu dari lima desa (Tingkis, Saringembat, Binangun, Mergosari, dan Tanggir) di Kecamatan Singgahan yang tahun ini mendapat DAK Sanitasi dari Dinas PRKP.

DAK Sanitasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja prasarana dan sarana bidang infrastruktur serta meningkatkan cakupan pelayanan sanitasi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dalam rangka menuju 100% akses sanitasi.

Melalui BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Bina Sejahtera yang sudah sebelumnya dibentuk, maka DAK Sanitasi 2020 ini akan dialokasikan untuk IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) secara komunal yang berlokasi di Dusun Majol Rt 12 Rw 04. Adapun beberapa manfaat dari IPAL komunal ini yakni :

  1. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat makin baik
  2. Mengolah limbah domestik ataupun limbah industri, supaya air tersebut nantinya bisa digunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing
  3. Agar air limbah yang akan dialirkan ke sungai tidak tercemar lagi (air layak buang) dan biota-biota tidak mati karena terkena banyaknya bahan kimia
  4. Lingkungan dan sumur menjadi tidak tercemar

Lingkungan yang bersih dan sehat akan semakin mendukung tingkat kesejahteraan dan kesehatan masyarakat setempat. (RE/BIN)

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus