01 November 2019 11:13:37
Ditulis oleh Admin

Pertemuan Sosialisasi SMD (Survey Mawas Diri) Desa Binangun

http://binangun-singgahan.desa.id – Survey Mawas Diri (SMD) merupakan kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadai masyarakat , serta potensi yang dimiliki masyarakat tersebut. Potensi itu antara lain ketersediaan sumber daya dan peluang-peluang yang dapat dimobilisasi. Hal tersebut sangatlah penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat itu sendiri agar setelahnya mereka dapat digerakkan untuk berperan aktif memperkuat upaya-upaya perbaikannya sesuai batas kewenangan.

Tujuan SMD meliputi (1) masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di desa dalam rangka menyiapkan desa siaga, dan (2) timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan potensi yang ada di desanya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan.

Hasil survey adalah gambaran desa berikut isinya (masyarakat dan lingkungan) dan dibawa pada waktu Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Hasil survey tersebut menampakkan berbagai masalah kesehatan (termasuk penyebab berbagai masalah dan factor yang mempengaruhi) serta daftar potensi di desa yang dapat didayagunakan dalam mengatasi masalah-masalah tersebut.

Pertemuan sosialisasi SMD di Desa Binangun dipaparkan oleh pihak UPT Puskesmas Singgahan yang salah satunya adalah Bapak Adi Suseno, Skm di gedung Polindes Binangun, Kamis (31/10/2019) kepada kader-kader kesehatan di desa yang sebelumnya sudah dihadirkan untuk mengikuti kegiatan ini. Dan nantinya kelompok pelaksana SMD dengan bimbingan bidan Desa Binangun, Ny. Fajriyatin Anisa, Amd. Keb mengolah data masalah kesehatan yang telah dikumpulkan (hasil SMD) secara sederhana sehingga dapat diperoleh perumusan masalah kesehatan dan prioritas masalah kesehatan di wilayah.

Semoga dengan SMD nantinya Masyarakat Desa Binangun mempunyai kesadaran untuk mengetahui permasalahan kesehatan yang sekaligus dapat menanggulanginya dengan potensi yang ada dan tentunya juga dengan kerjasama yang baik dari berbagai pihak untuk Binangun yang lebih maju, sehat dan sejahtera. Aamiin. (RE/BIN)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus