25 Agustus 2019 20:53:55
Ditulis oleh Admin

Pentas Seni dan Atraksi dari Organisasi Pencak Silat Dusun Majol Desa Binangun

 

http://binangun-singgahan.desa.id – Antusiasme warga Dusun Majol Desa Binangun dalam memperingati HUT RI ke-74 sangat luar biasa. Dari serangkaian lomba dusun yang diselenggarakan, malam puncak lomba Dusun Majol turut dimeriahkan oleh pentas seni dari organisasi bela diri yang ada di Dusun Majol yakni dari Persaudaran Setia Hati Terate (PSHT) dan Pagar Nusa (PN) pada hari Sabtu (24/08/2019) malam.

Bukan bermaksut untuk mengadu keahlian dalam atraksi, namun masing-masing organisasi menampilkan seni atraksi-atraksi terbaiknya untuk memeriahkan acara dan sebagai tampilan seni budaya tradisional pencak silat asli Indonesia. Dari masing-masing organisasi, baik dari PSHT ataupun PN juga menampilkan seni tunggal dan seni ganda dengan gerakan terbaik yang dibawakan oleh masing-masing penampil. Seni tunggal dari PSHT ditampilkan oleh Agus, sedang dari PN ditampilkan oleh Reza. Seni Ganda dari PSHT ditampilkan oleh Ainun dan Muhadi, sedangkan dari PN oleh Ulum dan Sukron.

Setelah penampilan jurus-jurus seni pencak silat, dilanjutkan dengan atraksi-atraksi yang lebih menegangkan lagi. Namun tentunya sudah melalui latihan khusus. Sutaji, selaku penanggungjawab dari Pagar Nusa (PN) memulai tampilan dengan anggota-anggotanya dengan berbagai macam atraksi diantaranya yakni atraksi yang menggunakan senjata tajam, bata, neon, dan bahkan gilasan sepedah motor diatas tubuh para penampil yang tentunya sangat menegangkan bagi para penonton. Dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), menampilkan atraksi-atraksi yang menegangkan pula seperti mematahkan tumpukan balok es, herbel dan neon. Dipuncak acara, ditampilkan atraksi penutup yakni mematahkan 35 tumpukan herbel oleh srikandi PSHT Desa Binangun. Dasir, selaku penanggungjawab acara yang sekaligus adalah ketua sub rayon Majol (PSHT), mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Yang dalam pengakuannya, acara tersebut terhitung sangat mendadak dan kurang  persiapannya. Namun demikian acara tetap dapat berjalan dengan lancar dan meriah karena adanya kerjasama yang baik dari Pagar Nusa (PN) maupun Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Dusun Majol Desa Binangun.

Inti dari semua penampilan yang dibawakan oleh Pagar Nusa (PN) dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) bukanlah untuk menonjolkan kekuatan ataupun arogansi, namun lebih kearah seni budaya asli Indonesia yakni pencak silat yang merupakan warisan budaya yang patut dilestarikan serta guyub rukun dari antar organisasi pencak silat di Desa Binangun ini. Tanpa merasa paling menonjol ataupun merasa paling hebat, namun yang diutamakan adalah kerukunan dan semangat kebersamaan dalam segi karya positif dalam menyemarakkan HUT RI ke-74, melalui pencak silat yang indah dalam gerakan, tegas dan bermakna dalam tindakan.(RE/BIN)

  



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus