Artikel

Monitoring Dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa Binangun oleh Tim Asistensi Kecamatan Singgahan

16 Agustus 2019 09:39:22  Admin  976 Kali Dibaca  Berita Desa

 

http://binangun-singgahan.id – Kamis (15/08/2019) sekira pukul 09:00 WIB Tim Asistensi dari kecamatan sudah tiba di Balai Desa Binangun. Semua berkas yang diperlukan sudah tertata di meja perbidang yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Acara dibuka oleh Sutaji, S.STP selaku Sekcam Singgahan. Beliau juga sedikit mengingatkan mengenai apa saja yang perlu diperhatikan dipersiapkan. Tak lupa juga turut memotivasi bagi semua PKA (Pelaksana Kegiatan Anggaran) dan TPK (Tim Pelaksana Kegiatan)  untuk selalu melaksanakan segala tugasnya dengan baik, baik bagi yang sudah menguasai IT maupun yang belum sekalipun. “ yang terpenting adalah menguasai alur dan baik dalam melaksanakannya, itu saja, Sejatinya tidak ada yang sulit “. Tuturnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemeriksaan masing-masing berkas perbidang oleh Tim Asistensi dari Kecamatan Singgahan yang sudah dibagi sesuai bidang. Semua Pelaksana Kegiatan Panggaran (PKA) menempati posisi masing-masing. Berikut juga dengan Sekretaris Desa dan Bendahara Desa. Semua administrasi kelengkapan berkas dari kelima bidang, yakni Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak, diperiksa satu per satu kelengkapan berkas administrasinya. Semua harus selaras antara APBDES (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa), RAB (Rencana Anggaran Belanja), dan belanja yang dillaksanakan.

Mengenai pembangunan fisik juga turut dimonitor langsung kelapangan oleh Tim Asistensi dari Unit Pelaksana Teknik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (UPTD PUPR) Kecamatan Singgahan. Dan disesuaikan dengan berkas administrasi dari pembangunan fisik tersebut. “ Secara keseluruhan sudah terbilang bagus untuk pembangunan fisik yang sudah terealisasi, namun demikian ada sedikit berkas administrasi yang perlu dibenahi karena ada satu titik pembangunan jalan paving yang mengalami penambahan volume karena adanya permintaan masyarakat dan adanya swadaya, sehingga perlu dibuatkan RAB (Rencana Anggaran Biaya) khusus agar tidak menimbulkan salah penafsiran dan ketidakjelasan”. Ujar Lestari, selaku Tim Asistensi dari UPTD PUPR Kecamatan Singgahan.

Selanjutnya satu per satu Tim Asistensi Kecamatan Singgahan membacakan hasil Monitoring dan Evaluasi per masing-masing bidang dan sekaligus menyampaikan mengenai apa yang perlu ditingkatkan lagi. Namun demikian, Mukharoh Hardjo selaku Kepala Seksi  PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kecamatan Singgahan sangat mengapresiasi Desa Binangun karena selama ini termasuk salah satu desa yang baik dalam pengelolaan keuangan desa, kelengkapan administrasi serta realisasi belanja dan pembangunan fisiknya. “ Semoga Desa Binangun selalu dapat mempertahankan itu dan berusaha untuk lebih baik lagi”. Imbuhnya. Kemudian dilanjutkan dengan sedikit imbuhan kesan oleh Kepala Desa Binangun yang pada saat itu merupakan bertepatan dengan hari pertama masuk kerja setelah baru saja resmi menjadi Kepala Desa, sekaligus untuk pertama kalinya mengikuti acara monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa. Selebihnya acra berjalan lancar dan selesai sekitar pukul 13:00 WIB. (RE/BIN)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:492
    Kemarin:1.800
    Total Pengunjung:1.370.559
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.223.171.12
    Browser:Mozilla 5.0