Artikel

Program Pembinaan Sektoral Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh BPS Kabupaten Tuban

21 Maret 2024 23:01:00  Admin  67 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.desa.id – Kepala BPS Kabupaten Tuban, Andhie Surya Mustari, S.ST, M.Si hadir secara langsung ke Balai Desa Binangun pada Kamis (21/03/2024) sekitar pukul 12. 20 wib bersama dengan Nuzul Djoko Susanto, S.P selaku Ketua Tim Program Desa Cantik. Kehadiran Beliau berdua terkait dengan pemberitahuan pelaksanaan Program Desa Cinta Statistik tahun 2024 dikabupaten Tuban yang mengusung tema pengelolaan dan pemanfaatan data statistik sesuai dengan kebutuhan desa.

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut sesuai target Badan Pusat Statistik (BPS), yakni 328 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Tuban untuk dapat mengikuti Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) 2024.

Program Desa Cantik yang dirancang BPS secara umum bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa serta masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.
  2. Standarisasi pengelola data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik.
  3. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran.

“Penting sekali adanya penggunaan dan pemanfaatan data statistik sampai ke lingkup Desa sebagai penunjang Pembangunan yang tepat guna untuk kesejahteraan masyarakat serta diimbangi dengan kemudahan akses informasi seperti website desa”, ujar Andhie Surya selaku Kepala BPS Kabupaten Tuban di kesempatan ini.

Sebagai Ketua Tim Program Desa Cantik, Nuzul Djoko juga menambahkan, “Desa akan memiliki agen Desa Cantik dengan SDM muda dari aparatur desa yang memang mampu di bidang IT atau bidang lainnya dan didampingi secara lanjut oleh Tim BPS Kabupaten Tuban.

Program Desa cantik ini diharapakan mampu mengedukasi desa agar tidak hanya sebatas sebagai objek Pembangunan namun juga sebagai ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan Masyarakat melalui data yang akurat dan tepat guna. (RE/BIN)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:945
    Kemarin:1.266
    Total Pengunjung:1.372.278
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.14.85.76
    Browser:Mozilla 5.0