Artikel

Verifikasi Desa ODF (Open Defecation Free) Tahun 2023

04 September 2023 20:41:20  Admin  138 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.id – ODF adalah kepanjangan dari Open Defecation Free atau yang biasa disebut dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan atau kondisi dimana setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Nomor 440/4327/414.102.03/2023 tentang Percepatan Tuban ODF Tahun 2023, maka Puskesmas Singgahan Mengajukan Desa Binangun sebagai calon Desa ODF dan diadakan Verifikasi Desa ODF pada Senin (4/09/2023) mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai oleh Tim Verifikator serta melibatkan berbagai lintas sektor meliputi pihak Kecamatan Singgahan, Polsek Singgahan, Koramil Singgahan, Dinas Kesehatan, Bidan beserta Kader Kesehatan Desa, serta Pemerintah Desa.

Adapun tujuan dari Verifikasi ODF adalah untuk memantau masyarakat secara langsung terkait perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan yang semula masih buang air besar di sembarang tempat dengan harapan mampu meningkatkan kualitas sanitasi setelah diadakan verifikasi.

"Generasi yang sehat lahir dari lingkungan dan perilaku yang sehat pula, begitupun sebaliknya, perilaku hidup tidak sehat maka akan menimbulkan bebagai macam penyakit yang tentunya akan mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan anak kedepannya". Ujar Kepala Puskesmas Singgahan, dr. Anik yunida dalam sambutannya.

Setelah melewati Verifikasi Desa ODF oleh Puskesmas Singgahan maka diperoleh hasil Desa Binangun lolos ODF secara bersyarat dengan Komitmen Pemerintah Desa terhadap beberapa hal yang mesti segera terpenuhi. Indikator ini sangatlah penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan kehidupan yang baik dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. BINANGUN BISA!!! (RE/BIN)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:355
    Kemarin:949
    Total Pengunjung:1.379.329
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.219.86.155
    Browser:Mozilla 5.0