Artikel

Evaluasi Dan Penguatan Bagi Admin SP4N-LAPOR! Dan PPID se Kabupaten Tuban

12 Desember 2023 20:19:55  Admin  77 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.desa.id – Selasa (12/06/2023) Pagi pukul 08:00 WIB, Seluruh Admin SP4N-LAPOR! (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) Dan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dari semua OPD se Kabupaten Tuban mengikuti Evaluasi dan Penguatan bagi admin di Gedung Setda ruang rapat lantai 3 termasuk admin PPID dari Pemdes Binangun yang merupakan PPID pertama tingkat desa di Kecamatan Singgahan yang baru dibentuk akhir Desember lalu.

Acara dibuka oleh Bapak Arif Handoyo selaku Kadis Diskominfo SP Kabuaten Tuban. Dalam sambutannya disampaikan tentang alur yang sebelumnya dari Tapros yang sekarang ini diwajibkan untuk bergeser ke SP4N-LAPOR! yang diluncurkan oleh Pemerintah Pusat. Beliau juga memaparkan tentang fenomena yang sering terjadi yakni masih banyaknya Desa dan OPD yang rata-rata masih ragu dan takut Ketika ada permintaan data yang bersifat sensitive seperti misal anggaran dan pertanahan. Namun demikian Pemkab Tuban tetap gencar untuk branding desa dan lainnya lewat Website ataupun media social lainnya agar lebih aktif dalam keterbukaan informasi.

Dilanjutkan oleh Yeni Dwi Hartati dari Diskominfo sebagai moderator dalam acara ini untuk mempersilahkan narasumber pertama, Ria Amalia, S.Sos, MM yang menjabat sebagai Pranata Humas ahli Muda Diskominfo Provinsi Jawa Timur. Dalam sesi ini disampaikan terkait Pelayanan Publik terutama alur, funsi, manfaat dan tujuan dari SP4N-LAPOR! Secara capaian nasional maupun daerah agar sesuai harapan public.

Narasumber kedua, Ayu Saulina. E, S.Sos.MM atau yang biasa disapa sebagai Bundanya PPID yang berposisi sebagai Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Provinsi Jawa Timur menjabarkan tentang PPID kepada semua peserta yang hadir. Tidak lupa pula memberi arahan agar link Lapor yang sebelumnya dijelaskan oleh narasumber khusus SP4N-LAPOR! untuk di Fitur PPID pada menu berkala.

Terakhir ditutup oleh Rita Zahra. A sebagai Kabid KIP Diskominfo SP Kbupaten Tuban yang mengucapkan terima kasih atas terlaksananya acara ini serta menyampaikan harapan kedepannya semua OPD se Kabupaten Tuban dapat menindaklanjuti program ini. (RE/BIN)

Video Evaluasi Dan Penguatan Bagi Admin SP4N-LAPOR! Dan PPID se Kabupaten Tuban dapat disimak melalui Channel Youtube Desa Binangun , Klik Evaluasi dan Penguatan Admin SP4N-LAPOR! dan PPID

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:815
    Kemarin:908
    Total Pengunjung:1.378.840
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.129.67.26
    Browser:Mozilla 5.0