Pelatihan Jurnalistik Diskominfo Tuban Tahun 2019

  • Apr 02, 2024
  • Binangun

http://binangun-singgahan.desa.id – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Tuban menggelar pelatihan jurnalistik bagi operator-operator web desa se kabupaten Tuban. Kegiatan pelatihan digelar di ruang training LPSE Kabupaten Tuban pada Rabu (30/10/2019) dengan menghadirkan narasumber seorang penulis profesional asli Tuban yakni dengan sapaan akrabnya Ibu Hiday Nur.

Dalam kesempatan pelatihan jurnalistik ini, operator web Desa Binangun Kecamatan Singgahan juga turut mengikuti bersama operator-operator web desa dari kecamatan lain. Banyak hal penting yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan menulis yang benar. Terlebih kaitannya dengan menulis mengenai desa agar menjadi media yang dapat memberi informasi-informasi mengenai desa tersebut. Sesuai dengan tujuan dari web desa yaitu secara ringkasnya adalah mempertanggungjawabkan (program, aturan, dan Anggaran), menginformasikan (profil, agenda, dan prestasi), mengakomodasi (pendapat warga, kebutuhan, dan administrasi), mengedukasi (pengetahuan dan mindset), dan mempromosikan (potensi budaya, wisata, produk, dan keunikan desa).

Menurut pemaparan Ibu Hiday Nur, sering ditemukannya kendala dalam menulis selama ini yaitu mengenai tantangan menulis dan bahasa. Tantangan menulis itu sendiri lebih mengarah pada komunikasi (kelancaran berbahasa) dan ketepatan yakni mengenai pedoman berbahasa, yang untuk saat ini menggunakan PUEBI ( Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). ”Bahasa yang komunikatif dalam penulisan sebuah artikel di web desa akan membuat pembaca merasa nyaman untuk kembali lagi membaca di web tersebut”. Imbuhnya.

Pelatihan jurnalistik ini tentunya sangat penting bagi operator web desa. Agar kedepannnya dapat menulis kreatif mengenai tentang desa dan segala potensinya untuk dikemas menjadi sebuah wisata baca bagi siapa saja. “Maju Berawal dari Desa”. (RE/BIN)

Reposted from the previous website