Artikel

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)

18 Agustus 2022 20:48:29  Admin  343 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.desa.id – Acara MMD di Desa Binangun terselenggara pada  Kamis (18/08/2022) dimulai dari jam 08:00 Wib hingga pukul 11:00 waktu setempat atas kerjasama dari pihak Bidan Desa, Puskesmas Singgahan dengan Pemerintah Desa. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan  penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survey tersebut. 

Survey Mawas Diri (SMD) merupakan kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadai masyarakat , serta potensi yang dimiliki masyarakat tersebut. Potensi itu antara lain ketersediaan sumber daya dan peluang-peluang yang dapat dimobilisasi. Hal tersebut sangatlah penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat itu sendiri agar setelahnya mereka dapat digerakkan untuk berperan aktif memperkuat upaya-upaya perbaikannya sesuai batas kewenangan.

Tujuan SMD meliputi (1) masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di desa dalam rangka menyiapkan desa siaga, dan (2) timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan potensi yang ada di desanya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan.

Hasil survey adalah gambaran desa berikut isinya (masyarakat dan lingkungan) dan dibawa pada waktu Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) saat ini.  Hasil survey tersebut menampakkan berbagai masalah kesehatan (termasuk penyebab berbagai masalah dan factor yang mempengaruhi) serta daftar potensi di desa yang dapat didayagunakan dalam mengatasi masalah-masalah tersebut.

Semoga dengan MMD nantinya Pemdes bekerjasama dengan berbagai sektor termasuk puskesmas Singgahan beserta seluruh perwakilan elemen yang hadir, dapat menanggulangi permasalahan kesehatan dengan potensi yang ada dan tentunya juga dengan kerjasama yang baik dari berbagai pihak untuk Binangun yang lebih maju, sehat dan sejahtera. Aamiin. (RE/BIN)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:337
    Kemarin:1.593
    Total Pengunjung:1.357.916
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.128.199.162
    Browser:Mozilla 5.0