30 April 2020 11:55:16
Ditulis oleh Admin

Musyawarah Desa (Musdes) Validasi, Finalisasi, dan Penetapan Data Penerima BLT DD Binangun

http://binangun-singgahan.desa.id – Selang beberapa hari setelah sebelumnya dibentuk Tim Pendata BLT DD, maka pada Rabu (29/04/2020) malam diadakan Musdes validasi, finalisasi, dan penetapan Data Penerima BLT DD tersebut. Musdes yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Binangun tersebut dihadiri oleh semua anggota Tim, Pemerintah Desa, Pendamping Desa dan Lokal Desa, Lembaga Desa yang terkait serta Forkopimka.

Selama sepekan, tim yang diketuai oleh Kepala Desa, dan pendataan sesuai wilayah dengan ketua RT sebagai pendamping tersebut melakukan pendataan terhadap warga yang layak menerima BLT DD. Sasaran penerima BLT-DD adalah keluarga miskin sesuai dengan kriteria yang ada didalam Surat Edaran Bupati yakni antara lain:

  1. Kehilangan mata pencaharian/pekerjaan
  2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis
  3. Tidak masuk dalam penerima Program Keluarga Harapan (PKH)
  4. Tidak masuk dalam penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
  5. Salah satu/lebih anggota keluarga bukan penerima Kartu Pra-kerja

Pagu DD (Dana Desa) Binangun yang lebih dari 900 juta, maka dialokasikan 30 % dari DD tersebut sesuai dengan ketentuan yakni sekitar 154 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang didata oleh Tim Pendata dan disepakati didalam Musdes. Adapun kelebihan jumlah kuota KPM yang belum tercover dari 30% DD tersebut maka akan diusulkan sesuai dengan tambahan jumlah alokasi dana dengan melewati persetujuan Pemerintah Kabupaten. (RE/BIN)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus