Artikel

Pelatihan Teknologi Tepat Guna Untuk Pertanian Desa Binangun Kecamatan Singgahan

25 Desember 2019 18:09:37  Admin  1.389 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.desa.id – Menghadapi musim tanam yang semakin tidak teratur dan maraknya hama pada tanaman pertanian, maka sangatlah penting untuk diadakan pelatihan teknologi tepat guna untuk pertanian dengan mendatangkan ahli dibidangnya. Pelatihan teknologi tepat guna untuk pertanian ini diadakan di Balai Desa Binangun pada Rabu (25/12/2019) pagi sampai selesai.

Peserta pelatihan diikuti oleh kelompok-kelompok tani Desa Binangun dan beberapa tokoh undangan yang lainnya. Acara pelatihan dibuka pada pukul 08:00 WIB yang kemudian diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua peserta pelatihan. Sambutan pertama diawali oleh kepala Desa Binangun, Bapak Muhammad Munja. Dalam sambutannya disampaikan tentang penjelasan singkat mengenai mayoritas profesi warga Desa Binangun sebagai petani serta tentang sumber irigasi untuk pertanian di wilayah Desa Binangun. sambutan selanjutnya oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa Binangun (BPD), Bapak Saifurrohman yang pada sambutannya mengucapkan terima kasih untuk segenap warga masyarakat Desa Binangun yang telah mendukung terlaksananya semua program desa.

Kegiatan pelatihan dibawakan oleh Bapak Agus Hariyanto selaku Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kecamatan Singgahan dan Bapak Mamba’ul selaku perwakilan staff dari DPP. Dalam pelatihan dijelaskan mengenai Musim Tanam (MT) tahun ini yang agak mundur tidak seperti biasanya karena musim hujan yang juga mundur tidak sesuai bulan. Penyesuaian pola tanam dengan musim sangat penting untuk mengantisipasi hal tersebut. Serta pengendalian hama yang makin sulit ketika hanya dikendalikan secara sendiri-sendiri, maka akan lebih tepat jika dikendalikan secara serentak dalam suatu hamparan secara bersama-sama. Selanjutnya juga diadakan sesi tanya jawab mengenai berbagai hal yang terkait dengan pertanian oleh peserta pelatihan yang kemudian dijawab oleh tenaga ahli dibidangnya agar para petani lebih banyak mendapat wawasan yang sangat penting untuk kemajuan pertanian di Desa Binangun ini.

Mayoritas penduduk Desa Binangun sebagai petani yang didukung dengan luas wilayah pertanian yang memadai, serta didukung dengan pelatihan teknologi tepat guna untuk pertanian ini, semoga dapat semakin memajukan bidang pertanian Desa Binangun secara khusus dan perekonomian secara umum. (RE/BIN)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.039
    Kemarin:995
    Total Pengunjung:1.326.827
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.199.225.221
    Browser:Tidak ditemukan