23 September 2019 14:39:46
Ditulis oleh Admin

Kades Binangun Mengikuti Kegiatan Pembekalan Kepala Desa Baru Tahun 2019 Kabupaten Tuban

http://binangun-singgahan.desa.id- Bapak Muhammad Munja, selaku Kepala Desa Binangun periode 2019-2025 mengikuti Pembekalan Kades Baru Tahun 2019 yang diadakan di Hotel Green Garden Tuban pada 20 s/d 22 September 2019 oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Keluarga Berencana (Dispemas dan KB) Kabupaten Tuban. Acara dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Budi Wiyana, M. SI selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban.

Selama mulai dari tanggal 20 s/d 22 September 2019 tersebut, para Kades terpilih diberi pembekalan mengenai banyak hal tentang pemerintahan. Dan  nantinya akan menjadi hal yang sering dihadapi dan dijadikan landasan selama menduduki jabatan sebagai Kepala Desa. Narasumber dari Dispemas yang membidangi itu semua memberikan pemaparan yang panjang lebar namun dengan bahasa yang mudah dimengerti agar para Kades terpilih dapat menyerap apa yang harus dipelajari dan dipahami  untuk diterapkan di Desa yang dipimpin. Misalnya pemaparan dari Bapak Suhut selaku Kasi Peningkatan Kapasitas dan Lembaga Pemerintah Desa mengenai materi teknik dasar fasilitasi dan penyusunan perdes (Peraturan desa). Disana dijelaskan banyak hal mulai dari nilai dasar, fungsi, peran, dan keterampilan yang harus dimiliki oleh fasilitator itu sendiri. Disamping itu juga dijelaskan secara rinci mengenai pedoman pembentukan peraturan di Desa mulai dari pengertian, jenis dan muatan materi, asas pembentukan dan alur penyusunan peraturan-peraturan di Desa.

Selama tiga hari tersebut, Kades Binangun beserta Kades yang lainnya mempelajari banyak hal yang disampaikan oleh narasumber selama kegiatan pembekalan tersebut. Mulai dari kebijakan umum desa, perspektif desa kedepan, teknis penyusunan RPJM, teknis penyusunan RKP, pengelolaan keuangan desa, pengelolaan asset desa, pelaksanaan fungsi BPD, pembinaan dan pengawasan inspektorat serta perbub kades dan perdes. Dan juga diperkuat dengan pengetahuan tentang Himpunan Peraturan Menteri, Himpunan Peraturan Daerah dan Perbup no. 25 tahun 2019 tentang peraturan pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Tuban no. 17 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan daerah no.6 tahun 2015 tentang Kepala Desa. Bapak Muhammad Munja selaku Kepala Desa Binangun mengaku sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembekalan ini. Karena banyak ilmu yang memang baru kali ini beliau pelajari dan terima karena jabatan Kepala Desa yang diemban mengharuskan untuk bisa mengaplikasikannya didalam pemerintahan desa yang dipimpin. “Semoga setelah kegiatan pembekalan ini, saya dapat melaksanakan apa yang semestinya sebagaimana yang sudah diatur pemerintah dengan memperhatikan prosedur dan alur yang benar sehingga membawa dampak yang baik untuk Desa Binangun”. Tuturnya.  

Ada banyak ilmu yang harus dipelajari dan diterapkan dengan baik sesuai dengan yang sudah dibuat untuk kebaikan bersama. Demi terwujudnya SDM yang unggul, Indonesia maju.(RE/BIN)

 

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus