16 September 2019 15:16:07
Ditulis oleh Admin

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Binangun dan Anggota Mengikuti Rapat Pleno September di Kecamatan

http://binangun-singgahan.desa.id – Senin (16/09/2019) Ketua TP PKK Desa Binangun untuk pertama kalinya menghadiri rapat pleno PKK di Pendopo Kecamatan Singgahan. Ibu Muntianim hadir bersama anggota TP PKK yang lainnya. Rapat Pleno PKK di Pendopo Kecamatan Singgahan ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Singgahan, Pengurus TP PKK Kecamatan Singgahan, Ketua Bhayangkari ranting Singgahan dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana ranting Singgahan.

Setelah semua undangan hadir, rapat pleno dibuka oleh pembawa acara. Kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan selanjutnya Mars PKK. Selanjutnya sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Singgahan, Ny. Andie Dani Ramdani. Dalam sambutannya, Ibu Andie meminta doa serta dukungannya kepada semua yang hadir untuk turut memberikan semangat kepada para kader-kader yang besok pada hari selasa (17/09/2019) mewakili Kecamatan Singgahan dalam Jambore Kader Tingkat Kabupaten Tuban. Pokja 1 diwakili oleh kader kecamatan, pokja 2 diwakili kader Desa Binangun, pokja 3 diwakili oleh kader kecamatan dan pokja 4 diwakili oleh kader Desa Tanjung Rejo. Dilanjutkan pada tanggal 23 September 2019 nanti juga akan diadakan lomba kreasi pudding art yang akan diselenggarakan di gedung PKK Kabupaten. Kreasi pudding art ini akan diikuti oleh pokja 3, namun belum ditentukan yang akan mewakilinya. Bisa jadi dari kader kecamatan ataupun juga kader Desa. 

Ibu Andie juga menyampaikan bahwa Ketua TP PKK Desa juga harus ikut mengelola PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk kegiatan posyandu balita dan lansia. Serta memberikan wawasan kepada ibu hamil agar tidak sampai kekurangan gizi sehingga turut serta dalam pencegahan stunting. “Ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan ATIKA (Ati,Telur, dan Ikan) serta melakukan pemeriksaan 1X 1bulan dibidan ataupun dokter”. Imbuhnya.

Dilanjutkan sambutan dari Ketua TP PKK Desa Mergosari. Dalam sambutan singkatnya, beliau menyampaikan tentang kesan-kesan lomba Agustusan kemarin. Menurut beliau, PKK saat ini sudah sangat aktif dan mengalami perkembangan yang sangat pesat dibanding dengan jaman beliau dulu.

Selanjutnya sambutan dari Ibu Shodiq selaku Ketua Pokja 3 PKK Kecamatan Singgahan. Beliau menyampaikan tentang evaluasi lomba Green and Clean pada Agustus kemarin. Disarankan agar nantinya ditiap Desa ada Green House serta pemanfaatan pekarangan rumah untuk ditanami toga (tanaman obat keluarga) dan sayuran sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan konsumsi keluarga serta memperhemat pengeluaran belanja. Disamping itu, kader PKK juga harus bisa mensosialisasi pembuatan menu berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) melalui prinsip menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman). yang dalam penjabarannya,  Beragam yakni semakin beragam maka idealnya akan semakin lengkap gizinya. Bergizi yakni mengandung zat gizi makro (KH, protein, lemak) dan mikro (Vitamin dan Mineral). Seimbang yakni jumlahnya harus sesuai dengan kebutuhan (usia, jenis kelamin, aktivitas, berat badan ideal dan waktu makan). Dan yang terakhir yang dimaksud bebas yaitu bebas bahan kimia (BTP yang salah), fisik dan biologis. Dan tidak lupa juga, Ibu shodiq mengingatkan untuk Laporan Tahunan administrasi PKK paling tidak pada bulan Nopember sudah harus dikerjakan.

Setelah sambutan-sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan pembagian santunan anak yatim perwakilan dari 12 Desa se-Kecamatan Singgahan. Kemudian penyampaian kreasi pembuatan menu makanan yaitu cake pisang kreasi dari kader-kader PKK Desa Mergosari. Setelahnya dilanjutkan doa penutup oleh Ny. Toha. Semoga dengan diadakannya Rapat Pleno PKK tiap bulan ini dapat menambah wawasan kader-kader PKK dan turut serta dalam membangun kesejahteraan keluarga. Aamiin. (RE/BIN)

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus