Artikel

Wisuda Santri Madrasah Diniyah Salafiyah Al Hikmah ke-6

08 September 2019 08:58:27  Admin  2.106 Kali Dibaca  Berita Desa

 

http://binangun-singgahan.desa.id – Jumat (06/09/2019), Pondok Pesantren Al Hikmah Binangun mengadakan Prosesi Wisuda Madrasah Diniyah Salafiyah  Markhalah Ula, Wustho, dan Ulya yang ke 6 di halaman Ponpes. Acara tersebut dihadiri oleh Pihak Kantor Kementerian Agama Tuban, PD PONTREN Kabupaten Tuban, Forkopimka Kecamatan Singgahan, FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliah) Kecamatan Singgahan, Kepala Madrasah Diniyah se-Kecamatan Singgahan, Pemerintah Desa Binangun, Pengurus Yayasan Al Hikmah, Dosen-dosen STAI Al Hikmah Tuban, Dewan Asatidz Asatidzah Ponpes Al Hikmah dan tamu undangan wali santri Ponpes Al Hikmah.

Acara dimulai pukul 19:30 WIB. Para tamu undanganpun sudah mulai memasuki lokasi dan menempati tempat duduk yang sudah tertata rapi. Diawali dengan penampilan pembuka oleh alunan hadrah Jihadul Hikmah sebagai penyambut tamu undangan. Dilanjutan persembahan penampilan wisudawan Markhalah Ula dan Wisudawati Markhalah Wustho. Selanjutnya acara dibuka oleh pembawa acara. Kemudian pembacaan Ayat-ayat Al Qur’an oleh Angeli Intan Permata Putri yang merupakan peraih juara 2 Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) pada lomba Porseni (Pekan Olah Raga dan Seni) tingkat Kabupaten Tuban Tahun 2019.

Selanjutnya dibacakan penyampaian laporan Wisuda Santri madin Al Hikmah. Dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan (SK) Kepala Madrasah Diniyah oleh Kepala Madrasah Diniyah masing-masing yakni Markhalah Ula oleh Muhammad Muhlisin, S.Pd.I, Markhalah Wustho oleh Muhammad Ibnu Ubaidillah, S.Pd.Ma dan Markhalah Ulya oleh Irawan Jaya, S.Pd. M.Pd. setelah SK dibacakan kemudian dilanjutkan Prosesi Wisuda yang dipimpin langsung oleh Pengasuh Ponpes Al Hikmah, K.H.M Husnan Dimyati dengan jumlah wisudawan Ula 60 peserta, Wustho 25 peserta dan Ulya 19 peserta. Prosesi wisuda berjalan dengan khidmad dengan satu persatu wisudawan maju ke podium.

 Setelah Prosesi wisuda selesai, Irawan jaya selaku Kepala Madrsah Diniyah Markhalah Ulya membacakan wisudawan dan wisudawati terbaik. Berdasarkan SK Ulya Nomor : 45/SK/MADIN.A/ULYA/IX/2019, wisudawati terbaik diraih oleh Anzzeli Ivadatul Umma yang berasal dari Desa Bakulan, Temayang Bojonegoro. Berdasarkan SK Wustho Nomor : 46/SK/MADIN.A/WUSTHO/IX/2019, Wisudawati terbaik diraih oleh Ulfatun Nasiha dari Desa Saringembat, Singgahan Tuban. Berdasarkan SK Ulya Nomor : 47/SK/MADIN.A/IX/2019, wisudawan terbaik diraih oleh Nur Nasroh yang berasal dari desa dagangan, Parengan Tuban.

Acara dilanjutkan sambutan dari Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliah (FKDT) Kecamatan Singgahan, Ustadz Agus Nur Khozin, M.Pd yang dalam sambutannya sangat mengapresiasi acara wisuda Diniyah ini karena Ponpes Al Hikmah merupakan salah satu yang mempunyai pendidikan Madrasah Diniyah dari Tingkat Ula, Wustho dan Ulya yang di Tuban ini baru ada 5. Selanjutnya sambutan dari Kepala Desa Binangun, Muhammad Munja yang sangat bangga dengan lembaga Pendidikan Islam di Desa Binangun ini. Kemudian oleh perwakilan kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Jarianto, S.Pd. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa Singgahan merupakan salah satu Barometer Madrasah Diniyah. Kegiatan lembaga Diniyah sebenarnya juga sudah ada sebelum jaman Indonesia merdeka. “semoga ini semua dapat terus berlangsung dan eksistensi Madrasah Diniyah dapat semakin terlihat dimasyarakat seperti kata-kata yang berkesan tertera diundangan yakni Aku Datang Untuk Menuntut Ilmu, Aku Pulang Untuk Mengamalkan Ilmu”. Terangnya. 

Setelah semua sambutan dari beberapa perwakilan tersebut selesai, kemudian dilanjutkan dengan Mauidhoh yang sekaligus dilanjutkan dengan doa penutup yang dipimpin langsung oleh K.H.M Husnan Dimyati. Semoga dengan berlangsungnya prosesi wisuda ini dapat menjadi motivasi untuk terus mengembangkan dan memajukan lembaga pendidikan agama islam seperti Madrasah Diniyah ini. Serta dapat melahirkan generasi bangsa yang menjunjung tinggi agama dan bermanfaat bagi sesama, serta Negara. Aamiin. (RE/BIN)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:511
    Kemarin:961
    Total Pengunjung:1.356.497
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.217.228.35
    Browser:Mozilla 5.0