Artikel

Kerja Bakti Pencegahan DBD

24 Desember 2021 10:52:40  Admin  505 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.desa.id – Waspada Demam Berdarah. Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah demam yang diikuti dengan pendarahan dibawah kulit, selaput hidung dan lambung. Virus dengan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang mempunyai ciri umum berwarna pink putih belang hitam putih. Gejala awal DBD ditandai dengan demam tinggi, nyeri sendi/otot, sakit perut, diare, muntah dan timbul bintik merah dikulit. Pertolongan pertama dapat dilakukan dengan minum banyak air putih, minum obat penurun panas dan kompres dengan air dingin kemudian periksa ke layanan kesehatan (jika demam 3 hari tidak turun). Penularan dapat dicegah dengan menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air (bak, drum, dll), mengubur barang bekas yang berpotensi menampung air hujan, gunakan pembasmi nyamuk dirumah dan Fogging (pengasapan) lingkungan jika perlu.

Masih sering ditemukannya kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) dibeberapa titik RT menginjak musim penghujan dan pergantian musim maka diadakan kerja bakti pencegahan DBD di Desa Binangun pada Jumat (24/12/2021) mulai jam 07:00 sampai selesai. Kegiatan diawali dengan pembukaan di Balai Desa Binangun sebelum semua pihak yang hadir turun ke lingkungan dan rumah-rumah warga.

Kegiatan kerja bakti ini dilakukan secara bersama oleh pihak Pemerintah Desa Binangun, Bidan Desa, Kader Posyandu Balita dan Lansia, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RT/RW, Lembaga lainnya dan segenap masyarakat Desa. Sebelumnya juga sudah diinformasikan ke warga agar turut serta dalam kerja bakti bersih lingkungan.

Bersama-sama saling mewujudkan lingkungan Desa Binangun yang bersih dan sehat terbebas dari bahaya DBD. (RE/BIN)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:854
    Kemarin:961
    Total Pengunjung:1.356.840
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.21.248.47
    Browser:Mozilla 5.0