Artikel

Musrenbangdes Tahun 2020 Dalam Rangka Penyusunan RKPDes Tahun 2021 Desa Binangun Kecamatan Singgahan

06 Agustus 2020 11:45:34  Admin  64 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.desa.id – Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) 2020 digelar Desa Binangun Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban guna untuk menyusun RKPDes (Rencana Kerja Kemerintah Desa) Tahun 2021 mendatang.

Untuk mewujudkan Musrenbangdes yang berhasil maka perlu membangun pemahaman yang sama tentang kemajuan desa dengan menggali dan memotret potensi desa dan sumber-sumber pembangunan yang tersedia untuk menunjangnya. Untuk itu, musrenbangdes di Desa Binangun diselenggarakan dengan dihadiri oleh Pemerintah Desa, Forkopimka, Pendamping P3MD (Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa), PLD (Pendamping Lapangan Desa), Lembaga-lembaga Desa, Lembaga Pendidikan, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan OPD dari Dinas-dinas terkait pada Rabu (05/08/2020) pukul 09:00 WIB di Pendopo Balai Desa Binangun.

Terkait dengan pandemic yang sedang melanda, maka banyak perencanaan penganggaran pada tahun sebelumnya yang seharusnya dilaksanakan tahun berjalan ini menjadi berubah karena adanya bencana darurat tersebut. Hal ini menyebabkan kegiatan yang belum berhasil terealisasi menjadi usulan prioritas kembali di RKPDes.

Pihak Tim Kecamatan juga menyampaikan agar usulan yang tidak mampu dicover oleh desa maka nanti untuk diusulkan dalam musrenbangcam. Sehingga ada keterkaitan usulan dari desa dengan Dinas terkait di tingkat musrenbangcam dengan harapan dapat diprioritaskan di tingkat daerah. Setelah semua narasumber memberikan penyampaian, dilanjutkan dengan pemaparan oleh Sekdes Binangun bersumber dari RPJM terkait usulan yang akan menjadi prioritas pada RKPDes Tahun 2021 dengan tetap memberikan waktu kepada semua undangan untuk menyampaikan usulan-usulan baru yang urgent. Acara musrenbangdes berjalan dengan lancar dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan dan diakhiri dengan doa penutup oleh tokoh agama setempat.

Musrenbangdes dilakukan sebagai upaya untuk kemajuan dan kesejahteraan desa secara utuh dan menyeluruh dengan mengesampingkan egosektor dan egowilayah dalam menentukan prioritas kegiatan pembangunan desa. “BINANGUN BISA”. (RE/BIN)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial