Artikel

Pertemuan Evaluasi Kader Pendamping Taman Posyandu se-Kabupaten Tuban Tahun 2019

29 September 2019 09:48:25  Admin  850 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.desa.id – Jumat (27/09/2019) diadakan Acara Pertemuan Evaluasi Kader Pendamping Taman Posyandu di gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. Acara ini diikuti oleh 60 kader dari 20 Puskesmas se-Kabupaten Tuban. Puskesmas Singgahan mengirimkan 2 kader pendamping taman posyandu untuk mengikuti acara tersebut. Salah satu kader perwakilan dari Puskesmas Singgahan adalah  kader dari Desa Binangun yakni Roudlotul Mukholifah.

Setelah acara resmi dibuka, sambutan pertama diawali oleh Kepala Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Lulut Purwanti, dcn. Dalam sambutannya di aula Tulip Dinkes Kabupaten Tuban tersebut, beliau menyampaikan bahwa masih ada sekitar 26 taman posyandu yang masih belum optimal. Dan diharapkan ada upaya untuk memantau kegiatan tersebut. Namun di Kecamatan singgahan dari 12 Desa sudah tergolong baik dan optimal taman posyandunya.

Selanjutnya dilanjutkan sambutan dan sekaligus pemaparan dari Windu Budiati. Beliau menghimbau untuk semua kader turut mensosialisasi terkait anemia. Anemia merupakan kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (hb) dibawah normal dan akibatnya tubuh menjadi kekurangan oksigen. Gejala anemia biasa disebut dengan 5L, yakni  lemah, letih, lesu, lelah dan lalai. Selama anemia tubuh akan mengalami gejala kepala pusing,  mata berkunang-kunang, mudah mengantuk disaat aktivitas dan sulit berkonsentrasi. Penyebab anemia tersebut dikarenakan kurangnya asupan gizi, terutama zat besi. Beberapa makanan yang mengandung zat gizi tersebut antara lain yaitu daun singkong, daging ayam, ikan mas, kangkung, daging sapi, tahu, bayam, kacang merah, tempe, telur, bayam merah, kacang hijau, kacang kedelai kerang dan hati ayam.

Dalam acara evaluasi tersebut, kader pendamping taman posyandu yang menjabat lebih dari 2 tahun mendapat reward  dari Dinas Kesehatan berupa kain batik Tuban dan tas pendamping. Semakin tertatanya kegiatan kesehatan dengan sasaran masyarakat dengan berbagai banyak aspek akan semakin meningkatkan mutu kesehatan di Indonesia ini. Dan tentunya juga tidak lepas dari dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. (RE/BIN)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:900
    Kemarin:961
    Total Pengunjung:1.356.886
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.76.7
    Browser:Mozilla 5.0