Artikel

Rapat Pleno DWP (Dharma Wanita Persatuan) Bulan Desember

04 Desember 2019 10:44:33  Admin  1.098 Kali Dibaca  Berita Desa

http://binangun-singgahan.desa.id – Bertempat di Pendopo Kecamatan Singgahan, Rapat pleno DWP bulan Desember diselenggarakan pada Selasa (03/12/2019) pagi yang dihadiri seluruh anggota DWP Kecamatan Singgahan termasuk dari Desa Binangun.

Susunan Acara :

  1. Pembukaan. Oleh Ny. Ainul Yusro’
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars DWP. Dipimpin oleh dirijen Ny. Sodiq
  3. Sosialisasi dari Puskesmas Singgahan

Sosialisasi disampaikan oleh Ny. Siti Jumiatun. Dalam sosialisasinya beliau menyampaikan tentang 2 penyakit berbahaya yakni HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome) dan TBC (Tuberkulosis) Paru-paru. Jumlah penderita HIV di Kecamatan Singgahan tahun 2015 mencapai 8 orang, 2016 12 orang, 2017 30 orang 2018 35 orang dan 2019 42 orang dengan jumlah total pasien yang masih hidup 19 orang. HIV ditularkan melalui sel darah merah (melalui jarum suntik, tranfusi darah, tato, pisau cukur dll), cairan sperma, cairan vagina dan ASI (Air Susu Ibu). Stadium pada HIV ada 4 yakni stadium 1 atau stadium jendela dimana selama 0-6 bulan belum bisa dicek ataupun hasilnya bisa negative dan 6 bulan lebih baru bisa terdeteksi, stadium 2 yakni stadium dimana sudah menimbulkan gejala pada pasien, stadium 3 yakni stadium pada system kelenjar dan stadium 4 yakni sudah mencapai fase AIDS. Pasien yang sudah terdeteksi harus mengkonsumsi ARV (Anti Retro Viral) seumur hidup untuk menghambat perkembangbiakan virus. Dilanjutkan pemaparan mengenai bahaya TBC. Virus TB sebenarnya bisa menyerang semua jaringan tubuh termasuk kulit, kelenjar otak, tulang dan lainnya, namun yang paling berbahaya adalah TBC Paru-paru. Gejala TBC meliputi batuk selama kurang lebih 2 minggu, ada serat darah, keringat dingin malam hari tanpa aktivitas, berat badan menurun dan nafsu makan menurun. TBC bisa sembuh total dengan pengobatan rutin selama 6 bulan. Namun jika selama pengobatan 6 bulan tersebut TBC belum sembuh maka harus melakukan pengobatan ke 2 dengan injeksi selama 2 bulan rutin setiap hari.

  1. Sambutan

Sambutan disampaikan oleh Ketua DWP Kecamatan Singgahan, Ny. Andie Dani Ramdani. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas sosialisasi yang disampaikan oleh Puskesas Singgahan mengenai penyakit berbahaya serta menyampaikan tentang persiapan lomba DWP Kabupaten Tuban yang akan dilaksanakan pada 12 Desember 2019 (lomba membuat bunga plastik dari limbah plastik dan lomba got talent )

  1. Jimpitan dan arisan DWP bulanan
  2. Doa/penutup. Oleh Ny. Yana

Rapat Pleno DWP Desember 2019. (RE/BIN)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Back Next

Profil Desa Binangun

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:838
    Kemarin:995
    Total Pengunjung:1.326.626
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.22.225
    Browser:Tidak ditemukan